Fly with your imajination

Tuesday, October 27, 2020

REKOMENDASI APLIKASI MEMBACA GRATIS, PRAKTIS, DAN MUDAH

Bagi pencinta buku, terutama novel, membaca adalah kegemaran yang menyenangkan. Melintasi dunia dan menjelajahi emosi tiap tokoh dalam buku adalah pengalaman yang tidak akan membuat bosan. Begitu juga dengan informasi-informasi baru yang tersaji.       

Namun, seringnya harga buku tak sesuai dengan kantong membuat beberapa pembaca harus rela tak membeli, atau harus menabung dulu supaya bisa mendapatkan buku tersebut. Untuk itu, para programer berlomba-lomba untuk membuat aplikasi bacaan yang nyaman juga praktis.
  
Nah, berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi bacaan yang mudah bagi para pencinta buku.  

1. iPusnas

Sesuai namanya, aplikasi ini adalah aplikasi yang menyediakan buku-buku jadi dengan sistem pinjam. Dikembangkan oleh Aksamaraya dan bekerja sama dengan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, para pecinta buku bisa melihat dan meminjam buku-buku koleksi Perpustakaan Nasional.

Ada batas jumlah dalam satu buku di aplikasi ini, jadi jika buku tersebut telah dipinjam oleh orang lain, maka harus menunggu sampai buku itu dikembalikan, dan ketika sudah dipinjam, ada batas waktu peminjaman buku tersebut. Batas waktu tiga hari setelah itu secara otomatis akan kembali ke rak buku aplikasi.




Karena bekerjasama dengan Perpustakaan Nasional, di aplikasi iPusnas ini tidak hanya menyediakan buku Fiksi, tetapi non fiksi juga ada, seperti buku-buku sekolah atau buku umum.


2. WATTPAD


Salah satu aplikasi dengan jumlah pengunduh terbanyak di dunia. Terbukti lebih dari 100 juta penduduk dunia telah mengunduhnya.

Di Wattpad sendiri disediakan berbagai macam genre tulisan yang akan memuaskan para pembacanya. Selain bahasa Indonesia, ada banyak cerita-cerita bahasa asing dan tentu saja sangat mudah dicari.

Wattpad juga menyediakan fitur penyimpanan untuk menyimpan cerita-cerita favorit yang yang ingin dibaca, jadi kapan saja cerita yang disimpan bisa dibaca bahkan dalam mode offline.

Selain itu, Wattpad menyediakan kustomisasi font dan mode baca, jadi pembaca bisa mengubah font cerita atau jika ingin membaca di malam hari.

Namun, perlu diingat, tidak semua cerita di Wattpad bisa dibaca dengan gratis, sebab Wattpad baru-baru ini menambahkan satu fitur paid stories. Pembelian satu cerita dengan koin.

Koin ini bisa di dapatkan dengan cara gratis, yaitu dengan melihat iklan. Maksimal per hari adalah tiga iklan, yang masing-masing mendapatkan satu cashback koin atau bisa juga melalui pembelian (transfer via rekening).
Paid stories ini bertujuan agar para pembaca bisa menghargai karya-karya penulis. Selain itu, para penulis juga bisa lebih produktif dalam berkarya.

3. STORIAL.CO




Salah satu platform yang dibuat di Indonesia. Banyak cerita menarik yang tersedia dan memungkinkan pembacanya menemukan bacaan yang sesuai minat.

Dalam storial.co juga menerapkan sistem paid stories. Beberapa cerita yang disajikan harus dibeli dengan menggunakan koin. Tetapi, tentu saja cara mendapatkan koinnya cukup mudah. Jika ingin mendapatkan coin gratis, cukup mengikuti event yang diselenggarakan atau cara paling mudah adalah dengan membeli coin dengan pulsa atau transfer.

Storial juga menyediakan customisasi font, ukuran font, dan background cerita hingga pembaca bisa lebih mudah menentukan kenyamanan saat membaca cerita.

Cerita-cerita di aplikasi ini kebanyakan berbahasa Indonesia, jadi para pembacanya akan sulit menemukan cerita berbahasa asing, atau mungkin tidak ada sama sekali.

Untuk segi kualitas cerita, tergantung dari bagaimana pembaca menemukannya sendiri, namun menurut kebanyakan orang kualitas cerita yang tersaji di aplikasi ini sangat baik dan menarik.



Dalam aplikasi ini juga disediakan fitur penyimpanan cerita, jadi kapan saja kita bisa membuka cerita favorit yang sudah di simpan.

4. MANGATOON/NOVELTOON



Sebenarnya mangatoon atau Noveltoon itu sama, di buat oleh perusahaan yang sama. Yang membedakan adalah jika di Noveltoon hanya dikhususkan untuk membaca novel, sementara di Mangatoon selain kita bisa baca novel, kita juga bisa membaca manga (lebih banyak manhua/komik yang berasal dari cina).

Di Mangatoon/Noveltoon juga ada sistem paid stories. Namun, tentu saja poin yang dipakai untuk pembelian bab cerita sangat mudah didapatkan. Yaitu dengan melakukan misi-misi yang sangat mudah. Cukup dengan online selama sepuluh menit, membaca selama 10 dan 20 menit, akan mendapatkan beberapa poin.

Ada banyak cerita yang bisa diakses di aplikasi ini, dan genre yang disajikan pun banyak. Selain Novel biasa, noveltoon juga menyediakan novel chat dan audio. Jadi, pembaca bisa bebas memilih.


Di aplikasi ini juga para pembacanya bisa membaca dengan mode offline dan tentu saja setelah cerita tersebut sudah didownload terlebih dahulu.

5. KWIKKU

Sebenarnya aplikasi ini sudah lama adanya, sudah sejak 2013, namun baru awal tahun 2020 dikenal banyak oleh orang-orang. Dan sama halnya Mangatoon, di Kwikku juga tidak hanya novel saja yang bisa dibaca, komik karya anak Indonesia pun ada.

Bukan hanya itu, di Kwikku juga ada fitur untuk melihat info-info menarik, berita atau tips, juga fitur media sosial. Jadi, para penggunanya bisa saling terhubung.

Untuk cerita, meski aplikasi ini tergolong baru, namun cerita yang tersaji sudah cukup banyak, jadi para pembaca tidak akan bosan karena bisa berkeliling untuk mendapatkan cerita yang menarik dan sesuai minat. 

6. FUNREAD/WEBREAD


Salah satu aplikasi yang berasal dari luar Negeri namun juga menerima novel yang berasal dari Indonesia. Weabread juga menyediakan novel gratis dan premium yang bisa dibaca tiap saat.

Untuk novel premium, para pembaca membutuhkan koin untuk mengaksesnya dan tentu saja koin ini sangat mudah di dapatkan. Para pembaca hanya perlu menjalankan tugas harian agar mendapatkan koin gratis itu.




Kebanyakan novel-novel yang tersedia di WebRead adalah novel-novel terjemahan yang berasal dari asia timur, terutama korea selatan dan cina. Namun demikian, untuk terjemahannya pun sangat mudah dipahami (yah, meski memang ada beberapa yang membingungkan)


7. GOODREADS




Salah satu aplikasi yang sudah dikenal lama oleh masyarakat. Ada lebih belasan juta ebook yang disediakan. Selain bisa dibaca, kita juga bisa memberi peringkat review tentang ebook itu.

Dan sama halnya dengan aplikasi baca yang lain, GoodReads juga menyediakan fitur penyimpanan cerita, jadi kapan pun ingin membaca cerita favorit bisa dilakukan. Selain itu, para pembaca juga bisa melihat buku-buku rekomendasi oleh teman atau pembaca yang lain. Ada juga fitur recommendation and scan barcode untuk memudahkan pembaca mencari ebook yang disukai

GoodReads juga menyediakan fitur Reading challengs, untuk para pembaca yang ingin menantang diri mereka dalam membaca per bulannya.

Ada banyak aplikasi bacaan selain aplikasi di atas seperti,
1. Novel.me
2. Fanfiction.net
3. Playbook
4. Dreame
5. Novel plus
6. Joylada
7. Cabaca
8. KBM

Semua alikasi itu puny kelebihan masing1masing yang tak jauh berbeda. Yang membedakan adalah kenyamanan saat kita memakainya. Dan menurutku tujuh aplikasi di atas, selain mudah dan praktis, juga nyaman dipakai.
Bagaimana pendapatmu dengan cerita ini?
Share:
Comments
Comments

1 comment:

TERBARU

Copyright © 2014 - SUKA SUKA MICKEY | Powered by Blogger Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com