Fly with your imajination

Tuesday, February 6, 2024

REVIEW - Solo Leveling

sumber gambar pinterest

Judul : Solo Levelin
Genre : Fantasy and Action
Penulis : H-Goon
Komikus : Chu-Gong, DUBU (Redice Studio)

Status : Selesai

Sinopsis :

10 tahun yang lalu, sebuah "Gerbang/gate" yang terhubung ke dunia monster muncul. Perlahan-lahan secara acak orang-orang mulai menerima kekuatan untuk memburu para monster di dalam Gerbang. Mereka dikenal sebagai 'Hunter/Pemburu". Namun, tidak semua Hunter kuat. Sung Jin-Woo adalah Hunter dengan peringkat paling rendah. Bahkan di dungeon paling rendah sekali pun ia seringkali harus mempertaruhkan nyawanya sampai harus masuk rumah sakit karena terluka. Orang-orang menyebutnya sebagai "Terlemah Di Dunia".

Namun, semua itu berubah ketika ia turut ikut di dalam penjelajahan double dungeon. Tiba-tiba saja, ketika nyawanya hampir melayang ia diberi kesempatan dan menjadi seorang Player. Dari situlah usaha Sung Jin-Woo dimulai sebagai seorang Hunter baru untuk mengungkap misteri di balik title Player-nya.

Awalnya manhwa Solo Leveling ini merupakan web novel, yang kemudian di adaptasi ke dalam manhwa karena tingkat minat orang yang tinggi. Manhwa-nya sendiri terdiri dari 179 chapter dan 21 chapter spin off.

Hal yang saya suka dari manhwa ini adalah,

1. Pengembangan karakter dimulai dari nol, dimana karakter utamanya tidak langsung menjadi over power. Dia yang dulunya rank E tidak langsung jadi Rank S. Saya suka saat Sun Jin Woo berusaha menaikkan levelnya secara konsisten dengan perhitungan yang sesuai kebutuhannya. Dan bukan hanya level kekuatan Sun Jin Woo saja yang naik, perkembangan sifat dan caranya memandang sesuatu juga ikut berkembang.

2. Grafik manhwa ini betul-betul memanjakan mata. Saya benar-benar dibuat jatuh hati dengan gambar dan pewarnaan manhwa Solo Leveling. Bahkan beberapa chapter bisa dijadikan walpaper. Selain itu scene bertarungnya benar-benar memperlihatkan detail dan membuat Feel bertarungnya ngena sekali, meski ada tulisan besar di beberapa panel, itu tidak mengurangi kualitas dan tidak membuat saya jengkel.

Dan bukan hanya karakter manusia yang digambarkan dengan baik, monster-monster dalam manhwa ini pun digambarkan dengan sama baiknya. Ketika ada scene bertarung melawan monster di dalam dungeon, penggambarannya sangat epic.

3. Alurnya mudah dipahami. Meskipun secara keseluruhan alur cerita ini terkesan biasa saja karena sudah banyak manhwa atau komik dengan tema yang sama, tetapi ada beberapa hal yang membuat saya sangat menikmati bahkan terkesan dengan alur Solo Leveling. Alur cerita Solo Leveling berfokus pada Sung Jin Woo dalam menghadapi tantangan yang menantang untuk mengembangkan kekuatannya. Dan seiring perkembangan mental karakter dan kekuatannya, beberapa misteri mulai terkuak.

Ada satu adegan/scene yang membuat saya deg-deg-an parah, ketika ada banyak gate dungeon terbuka serentak di atas langit. Banyak hunter berkumpul dan sudah siap mempertaruhnyan nyawa. Tetapi, pada waktu yang sama satu misteri terungkap dan membuat saya tercengang sekaligus takjub luar biasa.

Ada lagi satu adegan yang bikin saya terharu, yaitu ketika satu-satunya harapan yang bikin dia mempertaruhkan nyawanya saat masih rank E, pada akhirnya terwujud.

4. Penjelasan tersusun apik dan mudah di mengerti. Pada dasarnya manhwa Solo Leveling hampir tidak ada flashback jadi satu per satu masalah dan misteri mudah dipahami ketika diselesaikan.

Kesimpulannya, manhwa ini betul-betul layak sekali untuk dibaca. Mungkin karena saya lebih cenderung menikmati manhwa ini karena memang seseru itu, makanya saya tidak melihat adanya kekurangan.

Rate : 10/10

Bagaimana pendapatmu dengan cerita ini?
Share:

0 komentar:

Post a Comment

TERBARU

Copyright © 2014 - SUKA SUKA MICKEY | Powered by Blogger Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com